• gambar
  • gambar

Ahlan wa Sahlan - Selamat Datang di Sekolah Tercinta SMP IT MUTIARA Duri - Semangat mengikuti pelajaran 2023/2024

Pencarian

Kontak Kami


SMP IT MUTIARA DURI

NPSN : 10400929

Komplek Pertamina Hulu Rokan (PHR) Kel.Titian Antui Kec.Pinggir Kab.Bengkalis - Riau


info@smpitmutiara.sch.id

TLP : 081


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 127569
Pengunjung : 49536
Hari ini : 52
Hits hari ini : 89
Member Online : 0
IP : 3.239.9.151
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

SOSIALISASI PENERAPAN KAWASAN TANPA ROKOK DI SEKOLAH BERSAMA PUSKESMAS PINGGIR




SMPS IT MUTIARA! DEKLARASIKAN KAWASAN TANPA ROKOK

 

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

.. 

 

Kawasan Tanpa Rokok adalah ruangan atau area yang dinyatakan dilarang untuk kegiatan produksi, penjualan, iklan, promosi dan /atau penggunaan rokok. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan mengamanatkan Pemerintah Daerah untuk mengatur penetapan Kawasan Tanpa Rokok. Pengaturan ini bertujuan untuk mencegah dan mengatasi dampak buruk dari asap rokok. Pasal 115 ayat (2) disebutkan bahwa Pemerintah daerah wajib menetapkan kawasan tanpa rokok di wilayahnya. Dengan kata lain, Pemerintahan Kabupaten/ Kota sebagai bagian dari Pemerintahan Daerah mempunyai kewajiban untuk menentapkan Kawasan Tanpa Rokok didaerahnya. 

 

Dengan adanya peraturan tersebut, SMPS IT Mutiara Pinggir bersama UPT Puskesmas Pinggir bekerjasama untuk melaksanakan Penerapan kawasan tanpa rokok dan sosialisasi bahaya rokok di sekolah pada hari Jum’at tanggal 22 september 2023 kemaren. Kegiatan ini dihadiri oleh pengurus YPIT Mutiara, Guru dan perwakilan komite SMPS IT Mutiara dan juga seluruh siswa kelas VII SMPS IT Mutiara.

 

Kegiatan dibuka oleh buk Anna Nadila selaku Pembawa acara pada hari itu dan dilanjutkan dengan pembacaan Al-qur’an oleh Ananda Muhammad Alif Fadilah.

 

Setelah itu, kata sambutan yang disampaikan oleh Bapak Muslim Hamzah selaku perwakilan sekolah. Beliau memaparkan bahwa “Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan semakin menumbuhkan kesadaran kita tentang pentingnya menjaga kawasan lingkungan agar terbebas dari rokok khususnya kawasan sekolah. Kepada semua pihak, baik itu guru, murid ataupun wali murid. Mari bersama-sama kita ciptakan lingkungan yang bersih untuk anak kita agar anak-anak kita mendapatkan kenyamanan dalam belajar dan berkegiatan di lingkungan kita”.

 

 

 

Kegiatan selanjutnya yaitu kata sambutan sekaligus membuka acara secara resmi dari Pengurus YPIT Mutiara yang disampaikan oleh Bapak Rommy Oetama Poetra. Beliau menyampaikan bahwa “Penggunaan rokok bagi anak remaja sangat berbahaya bagi tumbuh dan kembangnya. Anak akan mudah stress, konsentrasi menurun, mengganggu prestasi belajar dan yang paling parah ialah dapat merusak kesehatan pernapasan. Oleh karena itu, kita harus menjaga diri dan lingkungan agar terbebas dari rokok”.

 

 

Setelah acara dibuka secara resmi, Drg. Dona Sari menyampaikan pemahaman tentang bahaya merokok bagi kesehatan dan mensosialisasikan penerapan kawasan tanpa rokok di sekolah. Beliau mengatakan bahwa : “sebagai upaya mengurangi dampak rokok pihak keluarga sebaiknya tidak merokok di dalam rumah (ruangan tertutup), menerapkan kawasan tanpa rokok (KTR) yakni kawasan yang dinyatakan terlarang untuk memproduksi, menjual, berpromosi dan menggunakan rokok meliputi : sarana kesehatan, tempat proses belajar mengajar, arena kegiatan anak, tempat ibadah, angkutan umum. Serta diadakan smoking area (kawasan terbatas merokok), seperti terminal, bandara, stasiun, pelabuhan laut, kanto dan, Instansi pemerintah”.

 

     

 

Setelah penyampaian materi tentang bahaya merokok. Selanjutnya, Pembacaan Deklarasi Kawasan Tanpa Rokok secara bersama-sama yang dipandu oleh Bapak Muslim Hamzah selaku perwakilan sekolah. Acara dilanjutkan dengan penandatanganan Komitmen Kawasan Tanpa Rokok di Sekolah yang ditanda-tangani oleh Perwakilan pengurus YPIT Mutiara, Guru dan murid-murid SMPS IT Mutiara Pinggir.

 

     

 

Kegiatan ditutup dengan Skrining Perilaku merokok pada siswa secara bergiliran oleh puskesmas Pinggir. Tes kesehatan yang dilakukan ialah pengecekan kuku, tes ketajaman mata, cek telinga dan cek kesehatan mulut pada siswa.

 

Diharapkan, dengan kegiatan ini dapat memberikan kesadaran yang nyata bagi seluruh pihak baik itu guru, wali murid ataupun seluruh murid agar selalu menjaga dan menciptakan lingkungan sekolah yang bebas dari rokok.

 

Semoga Informasi ini Bermanfaat!

 

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

 

°°

"Generasi berkepribadian islami,terampil menguasai IPTEK dan berwawasan lingkungan"

..

Stay one click:

Web : https://www.smpitmutiara.sch.id/

Fb : SMPS Mutiara

Ig : @smpit_mutiara

Youtube: SMPS Mutiara




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :


   Kembali ke Atas